Sabtu, 22 September 2012



MACAM-MACAM JOYSICK dan CARA KERJANYA
Joystick merupakan alat yang digunakan dalam permaian di dalamkomputer dan memiliki banyak fungsi dan kegunaan yang diaplikasikan pada kehidupan sehari-hari, selain sebagai alat untuk bermain game di komputer jugadiaplikasikan pada kehidupan sehari-hari seperti pada kursi roda motor dan dalam bidang industry.
Joystick atau dalam bahasa indonesia disebut tuas kontrol adalah alatmasukan komputer yang berwujud tuas yang dapat bergerak ke segala arah. Alatini dapat mentransmisikan arah sebesar dua atau tiga dimensi ke komputer.
Sejarah Joystick
Joystick  mulai dikenal pada abad 20-an pada waktu itu di mana joystick  diartikan tongkat pengendali pesawat terbang. Kemudian  joystick  berkembangmenjadi alat elektrik. 2-axis  joystick ditemukan di sekitar tahun 1944 di NegaraJerman. Alat tersebut dikembangkan untuk mengarahkan terbang layang pengeboman Henschel H 293 terhadap target kapal. Di sini, joystick digunakanoleh suatu operator untuk mengemudi proyektil ke arah targetnya. Joystick inimempunyai tombol on-off  dan sensor digital. Cara kerjanya yaitu dengan isyaratyang dipancarkan dari joystick  kepada proyektil via radio.
Pada tahun 1960 penggunaan joystick  menjadi tersebar luas dan berkembang ke industri pesawat udara modeling system radio-controlled  seperti Kwik Lalat yang diproduksi oleh Phill Kraft (1964). Kraft kemudian menyalurkanide joystick kepada industri komputer dan para pemakai lain. Pada tahun 1967Ralph H. Baer, penciptagame video televisi danMagnavox kemudian menciptakan game video yang pertama dengan menggunakan  joystick  analog, dandua potensiometer untuk mengukur position, dan pada tahun 1985-1986 orang-orang semakin mengenal istilah  joystick  lewat video game yang pada waktu itu populer dengan permainan Nintendo dan sega. seiring perkembangan teknologiyang sangat pesat joystick dikembangkan kedalam perangkat komputer (hardwere)

Kegunaan dan fungsi Joystick
Alat ini umumnya digunakan sebagai pelengkap untuk memainkan permainan vidio yang dilengkapi lebih dari satu tombol. Selain untuk mengontrol permainan vidio, tuas kontrol juga banyak diimplementasikan pada mesin lain, seperti pada kursi roda bermotor dan truk.
Jenis-jenis Joystick
Jenis joystick yang digunakan komputer sangat banyak, tergantung jenis dan fungsi joystick itu sendiri..
Contoh jenis-jenis joystick dan fungsinya

Jenis joystick di atas adalah jenis joystick yang paling sering digunakan pengguna game dikarenakan joystick tersebut dapat digunakan untuk game apa saja.

Jenis joystick ini berbentuk seperti stir mobil jenis joystick tersebut berfungsi khusus untuk game balap mobil.

Jenis joystick diatas adalah jenis joystick berbentuk  lonjong ke atas dan berfungsi skhusus untuk game pesawat terbang.



Cara Kerja Joystick



joystick element1.
Stick 2. Base3. Trigger 4. Extra buttons5. Autofire switch6. Throttle7. Hat Switch (POV Hat)8. Suction Cup Joystick

merupakan piranti penuding tak langsung. Gerakan kursor dikendalikan oleh gerakan tuas (pada joystick absolut) atau dengan tekanan padatuas. Pada joystick biasanya terdapat tombol yang dapat dipilih atau diasoasikandengan papan ketik.Alat ini digunakan untuk memindahkan obyek gambar dalam layar monitor,fungsinya hampir sama dengan mouse namun joystick hanya digunakan untuk 6 program game, dalam pengoperasiannya, joystick tidak memerlukan tempat yangluas. Setelah perintah mulai diterima oleh joystick maka joystick akan mengirimdata yang menunjukkan ID dari joystick ( 0×41 untuk joystik digital dan 0×73untuk  joystick analog red mode ). Pada saat yang bersamaan dengan  josytick mengirim ID mikrokontroler juga mengirim data ( 0×42 ) untuk meminta data dari joystick . Saat data (0x42) diterima maka joystick akan membalas denganmengirim data (0x52) sebagai pemberitahuan bahwa data akan segera dikirim.Setelah itu joystick mengirim data 6x8 bit yang berisi informasi tombol mana sajayang ditekan (semua tombol adalah aktif low).
Kegunaan dan funsi joystick
Alat ini umumnnya digunakan sebagai:1.Pelengkap untuk memainkan permainan video yang dilengkapi lebih dari satutombol2.Untuk megontrol permainan video3.Joystick juga banyak diimplementasikan pada mesin-mesin seperti pada kursiroda bermotor dan truk.
(Sumber : http://tommyregia.wordpress.com/2010/03/09/perkembangan-joystick/)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar