Sabtu, 10 November 2012

Pemrograman di Linux – Lazarus

Kegiatan pembuatan program – biasa disebut programming - menggunakan berbagai macam bahasa pemrograman. Bahasa Pascal disukai kalangan akademisi karena memiliki struktur yang bagus untuk pembelajaran. Bahasa C disukai karena kesederhanaan dan banyak digunakan untuk membangun library Windows atau Linux. Bahasa Basic banyak digunakan programmer lulusan kampus yang kurikulumnya “Microsoft minded”.
Pembuatan program berbasis grafis (GUI) biasanya menggunakan sebuah tool yang dinamakan RAD. Saat ini RAD yang sangat populer adalah Borland Delphi (Pascal), Visual Basic (Basic) dan sebagainya.  Sayangnya, Borland Delphi tidaklah free. Selain itu, Borland juga tidak terlalu serius memfokuskan produk Borland Kylixnya sebagai pengganti Borland Delphi yang dapat berjalan di platform Linux. Namun Anda tidak perlu khawatir, karena kini sudah tersedia Lazarus sebagai alternatif pengganti Borland Delphi di dunia Linux.
Sebagai RAD Tool untuk Free Pascal, syntax yang digunakan di Lazarus memiliki kemiripan dengan yang ada di Borland Delphi. Beberapa fitur yang terdapat di Lazarus, di antaranya mendukung project application, terdapat object inspector, OOP, mendukung koneksi ke aplikasi database (MySQL, SQLite, PostgreSQL), built-in Source Editor, Form Editor, LCL yang cukup lengkap, Compiling dan Debugging, dan sebagainya.
Hebatnya lagi, sekali Anda membuat program di Lazarus, kode yang Anda buat dapat di-compile agar berjalan di beberapa platform (Linux, Mac, Windows). Sebagai sebuah RAD yang cukup lengkap, Lazarus sangat menarik untuk Anda coba dalam pembuatan program.
Glossary:
  • GUI : Graphical User Interface
  • RAD: Rapid Application Development
  • OOP : Object Oriented Programming
  • LCL : Lazarus Component Library
sumber : http://palinukan.org/pemrograman/pemrograman-di-linux-lazarus.html

Size: 106.24MB
Publisher:
Release Date:2012-10-15
Submit Date:2012-10-15
OS: Win 9x/ME/NT/2K/XP/2K3/Vista/7
Downloads:10578
Popularity:Popularity:0/10
yang mau download lazarus silakan klik geratisan ko..

sumber : http://www.freewarefiles.com/Lazarus_program_48609.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar