Rabu, 03 Oktober 2012

CD vs. DVD vs. Blu-ray Writing

Pada tahun 1997, teknologi baru yang menyatukan gambar dan audio digital ditemukan, yang biasa kita kenal dengan sebutan Digital Video / Versatile Disc (DVD). Penemuan teknologi tersebut tentunya cukup berpengaruh terhadap industri film. Namun tak sampai 10 tahun, atau tepatnya tahun 2006, industri film kembali dimanjakan oleh penemuan teknologi yang lebih canggih, bernama Blu-Ray Disc (BD).
Blu-ray terdiri dari 2 kata, yaitu Blue yang berarti biru, mengacu kepada warna laser yang digunakan, dan Ray yang berasal dari jenis optiknya, optical ray. Namun mengapa namanya Blu-Ray, bukan Blue-Ray? Hal ini disebabkan kata-kata yang sering disebutkan tidak boleh dimerekdagangkan, sehingga oleh pembuatnya huruf “e” dihilangkan. Blu-ray memiliki kapasitas penyimpanan yang sangat besar, yaitu sampai dengan 27 GB, atau setara dengan 2 jam video berkualitas sangat baik (High Definition), dan 13 jam video berkualitas standar.

Sekarang kita cek apa bedanya BD dengan DVD
Walaupun BD dan DVD memiliki ketebalan yang sama, yaitu sekitar 1,2 milimeter (lebih tipis BD 1 mm), namun BD mampu menyimpan informasi 5x lipat lebih banyak dari DVD. Inti perbedaannya adalah pada pits, beam, dan track pitchnya. Blu-ray menggunakan laser biru, yang mempunyai panjang gelombang lebih pendek (405 nanometer) dari laser merah (650 nanometer) yang digunakan oleh DVD. Dengan panjang gelombang lebih pendek, memungkinkan sebuah keping memiliki pits yang lebih pendek. Beam yang digunakan BD juga 2 kali lebih kecil dari DVD, yaitu sekitar 0.15 microns. Track pitch nya pun 2 kali lebih pendek, yaitu hanya 0.32 microns. Bandingkan dengan DVD yang memiliki beam sekitar 0.32 microns dan track pitch 0.74 microns.
CD vs DVD vs BD (Howstuffworks)
CD vs DVD vs BD (Howstuffworks)
BD lebih tipis 1 mm dari DVD karena pembuatan BD hanya menggunakan 1 keping berukuran 1.1 mm. Berbeda dengan DVD yang menggunakan 2 keping yang disatukan, dengan masing-masing kepingnya berukuran 0.6 mm.
BD memiliki kecepatan transfer data yang lebih besar, yaitu sampai dengan 36 Mbps, atau 3,6x lebih cepat dari DVD yang memiliki kecepatan transfer data 10 Mbps
Berikut adalah format-format Blu-ray yang perlu kamu tahu:
BD-ROM: Read Only
BD-R: Recordable
BD-RW: Rewritable (untuk PC)
BD-RE: Rewritable (untuk HDTV)

sumber : http://blog.arieflatu.net/2011/09/tentang-blu-ray-vs-dvd.html/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar